Senin, 24 Februari 2020

CONTOH RPP 1 LEMBAR


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan                    : SMP Negeri 22 Balikpapan
Mata Pelajaran                           : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester                         : VIII (Delapan) / Genap (Tahun Pelajaran 2019/2020)
Materi Pokok                             : Q.S. Al-Furqān/25: 63, Q.S. Al-Isrā’/17: 26-27  dan Hadis tentang Rendah Hati, hemat dan hidup sederhana (Discovery Learning – Poster Session & Short Card)
Alokasi Waktu                           :  9 JP x 40 menit ( 3 Pertemuan)

A.      Tujuan Pembelajaran :
1.       Menyebutkan arti Q.S. Al-Furqan/25:63 dan Q.S. Al-Isra’/17:27  serta hadis  rendah hati, hemat dan hidup sederhana dengan benar.
2.       Menjelaskan makna isi kandungan Q.S. Al-Furqan/25:63 dan Q.S. Al-Isra’/17:27  serta hadis  rendah hati, hemat dan hidup sederhana dengan benar.
3.       Mengidentifikasi hukum bacaan alif lam syamsiyah dan alif lam qomariyah  dalam Q.S. Al-Furqan/25:63 dan Q.S. Al-Isra’/17:27  dengan benar.
4.        Mendemontrasikan bacaan  Q.S. Al-Furqan/25:63 dan Q.S. Al-Isra’/17:27 dengan tartil.
5.       Menampilkan contoh perilaku rendah hati, hemat dan hidup sederhan sebagai implementasi Q.S. Al-Furqan/25:63 dan Q.S. Al-Isra’/17:27 serta hadis terkait dengan benar.

B.      Kegiatan Pembelajaran
1.       Pendahuluan (15 Menit)
·     Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
·     Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
·     Guru menstimulus dan memberikan motivasi melalui tayang video/gambar
·     Menyampaikan tujuan pembelajaran, cakupan materi dan rubrik penilaian

2.       Kegiatan Inti (90 Menit)
Pertemuan 1
Tahap 1                 : Mengumpulkan informasi yang relevan dengan mengamati, membaca dan menanya berupa tugas portofolio tentang isi kandungan Al-Qur’an dan Hadits terkait materi dalam Lembar Kerja (LK-1).
Tahap 2                 : Mempresentasikan hasil LK. 1 secara bergantian antar kelompok.
Tahap 3                 : Menyusun rancangan tugas mencari informasi tentang Ilmu Tajwid melalui Lembar Kerja (LK-2).
Pertemuan 2
Tahap 4                 : Secara berkelompok mengumpulkan data dan informasi tentang hukum bacaan tajwid pada LK-2.
Tahap 5                 : Mempresentasikan hasil LK.2 secara bergantian antar kelompok dan melatih diri dengan latihan-latihan soal.
Pertemuan 3
Tahap 6                 : Mendemostrasikan bacaan Q.S. Al-Furqan/25:63 dan Q.S. Al-Isra’/17:27 dengan tartil dan lancar sesuai hukum bacaan tajwid pada Lembar Kerja (LK-3).
Tahap 7                 : Evaluasi proses dan hasil Lembar Kerja.

3.       Penutup (15 Menit)
·         Membuat simpulan, refleksi, umpan balik, penugasan mandiri untuk mengatasi permasalahan dan menyampaikan pesan-pesan moral untuk peduli antar sesama manusia dan lingkungan.
·         Menyampaikan informasi tentang kegiatan pembelajaran yang akan datang dan berdo’a.

C.        Penilaian 
1.       Teknik Penilaian antara lain : sikap (spiritual dan sosial), pengetahuan (Tertulis, Tes Lisan dan Penugasan) dan keterampilan (praktik, proyek dan portofolio).
2.       Pembelajaran Remedial dengan tutor sebaya atau penugasan dan pengayaan melalui tugas kelompok untuk menambah wawasan mengenai materi pembelajaran terkait.

Mengetahui,
Kepala SMPN 22 Balikpapan


SUNARMI, S.Pd. M.M.
NIP. 19651205 199103 2 007

Balikpapan, 6 Januari 2020
Guru Mata Pelajaran,


  T A U F I Q, S.Pd.I
NIP : 198512102011011005


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TEORI PENDIDIKAN