RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMP
Negeri 22 Balikpapan
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : VIII (Delapan) / Genap (Tahun Pelajaran 2019/2020)
Materi Pokok : Q.S. Al-Furqān/25: 63, Q.S. Al-Isrā’/17: 26-27
dan Hadis tentang Rendah Hati, hemat dan hidup sederhana (Discovery
Learning – Poster Session & Short Card)
Alokasi Waktu : 9 JP x 40 menit ( 3 Pertemuan)
A.
Tujuan Pembelajaran :
1.
Menyebutkan
arti Q.S. Al-Furqan/25:63
dan Q.S. Al-Isra’/17:27
serta hadis rendah hati, hemat dan hidup sederhana dengan
benar.
2.
Menjelaskan
makna isi kandungan Q.S. Al-Furqan/25:63 dan Q.S. Al-Isra’/17:27 serta
hadis rendah hati, hemat dan hidup
sederhana dengan benar.
3.
Mengidentifikasi
hukum bacaan alif lam syamsiyah dan alif lam qomariyah dalam Q.S. Al-Furqan/25:63 dan Q.S. Al-Isra’/17:27 dengan benar.
4.
Mendemontrasikan bacaan Q.S. Al-Furqan/25:63 dan Q.S. Al-Isra’/17:27 dengan tartil.
5.
Menampilkan
contoh perilaku rendah hati, hemat dan hidup sederhan sebagai implementasi Q.S.
Al-Furqan/25:63
dan Q.S. Al-Isra’/17:27
serta hadis
terkait dengan benar.
B.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
(15 Menit)
· Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan
berdoa untuk memulai pembelajaran
· Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai
sikap disiplin
· Guru
menstimulus dan memberikan motivasi melalui tayang video/gambar
· Menyampaikan tujuan pembelajaran, cakupan
materi dan rubrik penilaian
2.
Kegiatan
Inti (90 Menit)
Pertemuan 1
Tahap 1 : Mengumpulkan informasi yang relevan dengan
mengamati, membaca dan menanya berupa tugas
portofolio tentang isi kandungan Al-Qur’an dan Hadits terkait materi dalam
Lembar Kerja (LK-1).
Tahap 2 : Mempresentasikan hasil LK. 1 secara bergantian
antar kelompok.
Tahap 3 : Menyusun rancangan tugas
mencari informasi tentang Ilmu Tajwid melalui Lembar Kerja (LK-2).
Pertemuan 2
Tahap 4 : Secara berkelompok
mengumpulkan data dan informasi tentang hukum bacaan tajwid pada LK-2.
Tahap 5 : Mempresentasikan hasil LK.2
secara bergantian antar kelompok dan melatih diri dengan latihan-latihan soal.
Pertemuan 3
Tahap 6 : Mendemostrasikan bacaan Q.S. Al-Furqan/25:63 dan Q.S. Al-Isra’/17:27 dengan tartil dan lancar sesuai hukum bacaan
tajwid pada Lembar Kerja (LK-3).
Tahap 7 : Evaluasi proses dan hasil
Lembar Kerja.
3.
Penutup (15
Menit)
·
Membuat simpulan, refleksi, umpan balik,
penugasan mandiri untuk mengatasi permasalahan dan menyampaikan pesan-pesan
moral untuk peduli antar sesama manusia dan lingkungan.
·
Menyampaikan informasi tentang kegiatan
pembelajaran yang akan datang dan berdo’a.
C.
Penilaian
1. Teknik Penilaian antara lain : sikap (spiritual dan sosial), pengetahuan (Tertulis, Tes
Lisan dan Penugasan) dan keterampilan (praktik, proyek dan portofolio).
2. Pembelajaran Remedial dengan tutor sebaya atau penugasan dan pengayaan
melalui tugas kelompok untuk menambah wawasan mengenai materi pembelajaran
terkait.
Mengetahui,
Kepala SMPN 22
Balikpapan
SUNARMI,
S.Pd. M.M.
NIP. 19651205 199103 2
007
|
|
Balikpapan, 6 Januari 2020
Guru Mata Pelajaran,
T
A U F I Q, S.Pd.I
NIP : 198512102011011005
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar